Pada Postingan kali ini saya akan
membahas Layanan Telematika. Layanan Telematika merupakan media penyampaian
informasi jarak jauh yang dapat di akses masyarakat melalui media
elektromagnetik. Layanan Telematika juga merupakan layanan dial up ke
jaringan internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem
telekomunikasi untuk mengirimkan data.
Macam-macam Layanan Telematika
diantaranta sebagai berikut : Layanan Informasi, Layanan Keamanan, Layanan
Context-Aware dan Event-base, dan Layanan Perbaikan Sumbar.
1. Layanan
Informasi
Layanan ini memberikan kemudahan
untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan sebagai penunjang keputusan,
memberikan wawasan sehingga dapat menggunakan informasi untuk mengatasi
kesulitan yang dihadapi. Contoh dari layanan telematika di bidang informasi :
Laporan Cuaca (Weather) layanan
yang memberikan laporan tentang informasi cuaca.
Bursa Efek Jakarta (Jakarta Stock
Exchange) layanan memberikan informasi yang lebih lengkap tentang perkembangan
bursa kepada publik.
2. Layanan
Keamanan
Layanan yang memberikan fasilitas
keamanan untuk menjaga suatu data dan informasi pada jaringan sehingga berjalan
pada tempatnya. Contoh dari layanan telematika di bidang keamanan :
Antivirus memberikan
keamanan untuk menangkal dari serangan virus.
Internet Security mengamankan
komputer dari ancaman akses koneksi lewat internet.
3. Layanan Context
Aware & Event Based
Context-awareness merupakan
kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan
parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta
memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks
yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user, berbagai preferensi
user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Contoh dari
layanan telematika context aware & event based :
Location-based service
mencari data lokasi dimana posisi keberadaan user sekarang berada.
4. Layanan
Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang
dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM
telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan
telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik,
dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan
masyarakat pada umunya.
Konsep pengembangan sumber daya
manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas
dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital,
kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Kelebihan dan Kekurangan Layanan Telematika :
a. Kelebihan
Layanan Telematika
· Telematika
cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan
mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi
Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis /
electronic commerce (e-commerce).
Manfaat internet dalam e-Business
secara nyata dapat menekan biaya transaksi daam berbisnis dan memberikan
kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
memberikan nilah tambah bagi
masyarakat luas dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan.
b. Kekurangan
Layanan Telematika
· Penyebaran virus
atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail
sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
· Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh
kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang,
narkotika, atau teroris internasional.
· Tindakan
kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan
yang disebut carding, adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit
dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan
data tersebut untuk keuntungan pribadi.
Sumber :
http://rifqybawazier.blogspot.com/2014/11/layanan-telematika.html
http://rifqybawazier.blogspot.com/2014/11/layanan-telematika.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar